Notification

×

Kategori Berita

Cari Artikel

Iklan

Iklan

1 Kg Berapa Gram ? Rumus Kg ke Gram

24 Des 2022 | Desember 24, 2022 WIB Last Updated 2022-12-25T07:17:40Z

1 Kg Berapa Gram ? -  Admin akan membahas mengenai 1 Kg Berapa Gram ?. Berikut artikel 1 Kg Berapa Gram ? Rumus Kg ke Gram.


1 Kg Berapa Gram ?
1 Kg Berapa Gram ? 


Pengertian Kg (Kilogram)

Kilogram adalah satuan dasar untuk massa dalam Sistem Internasional (SI). Kilogram merupakan satuan yang digunakan secara luas dalam berbagai bidang, seperti ilmu pengetahuan, teknologi, dan kehidupan sehari-hari. Kilogram diartikan sebagai massa sebuah benda yang sama dengan massa standar yang disimpan di International Bureau of Weights and Measures (BIPM) di Sèvres, Prancis. Standar kilogram ini merupakan sebuah benda yang disimpan dalam sebuah kotak yang disebut "cylinder of platinum-iridium". Kilogram diukur dengan menggunakan alat yang disebut balance atau timbangan. Satu kilogram sama dengan 1000 gram.

Kilogram merupakan satuan yang digunakan untuk mengukur massa suatu benda. Massa merupakan sifat suatu benda yang menyatakan banyaknya zat yang terdapat dalam benda tersebut. Kilogram diukur dengan menggunakan timbangan atau alat yang dapat mengukur massa.

Satuan kilogram diwakili oleh simbol "kg". Satu kilogram sama dengan massa 1 liter air pada suhu 4 derajat Celcius. Kilogram juga merupakan satuan yang digunakan dalam sistem metrik.

Sejarah Kg (Kilogram)

Sejarah kilogram dimulai pada tahun 1791, ketika Asosiasi Internasional Satuan (International Association of Metrology) menetapkan standar kilogram sebagai satuan massa dasar. Standar ini disimpan di Biro Internasional Satuan di Sèvres, Perancis. Standar ini merupakan benda yang terbuat dari platina yang disebut "Le Grand K".

Pada tahun 1989, Asosiasi Internasional Satuan menetapkan bahwa standar kilogram sebenarnya adalah jumlah massa yang sama dengan massa atom karbon-12 yang terdapat dalam 6,022.140.857 atom. Dengan demikian, kilogram sekarang diukur dengan menggunakan massa atom karbon-12 sebagai standar.

Kilogram merupakan satuan yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari, seperti mengukur massa beras, gula, kacang, dll. Kilogram juga digunakan dalam dunia industri, seperti mengukur massa bahan baku, barang jadi, dll. Kilogram juga digunakan dalam dunia olahraga, seperti mengukur massa atlet, dll.

Kilogram merupakan satuan yang sangat penting dalam kehidupan manusia, karena kilogram merupakan satuan yang digunakan untuk mengukur massa benda yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari.

Pengertian Gram 

Gram adalah satuan unit yang digunakan untuk mengukur massa atau berat suatu benda. 1 gram sama dengan 0,001 kilogram. Gram didefinisikan sebagai massa standar yang sama dengan 1/1000 kilogram. Gram merupakan satuan unit yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari, terutama dalam mengukur berat bahan makanan atau obat-obatan.

Penggunaan Kg (Kilogram) dalam Kehidupan 

Kilogram merupakan satuan standar untuk mengukur massa suatu benda. Penggunaannya sangat luas dalam kehidupan sehari-hari, diantaranya:

  • Menimbang bahan makanan: Kilogram digunakan untuk menimbang bahan makanan seperti beras, gula, tepung, dll.
  • Mengukur massa benda: Kilogram juga digunakan untuk mengukur massa benda-benda seperti mesin, barang-barang elektronik, kendaraan, dll.
  • Menentukan ongkos kirim: Kilogram juga digunakan untuk menentukan ongkos kirim suatu barang. Semakin berat barang yang dikirim, maka semakin tinggi ongkos kirimnya.
  • Mengukur massa tubuh: Kilogram juga digunakan untuk mengukur massa tubuh seseorang. Ini bisa dilakukan dengan menggunakan timbangan atau alat ukur massa tubuh lainnya.
  • Menimbang bahan baku industri: Kilogram juga digunakan untuk menimbang bahan baku industri seperti besi, kertas, plastik, dll. Dengan mengetahui massa bahan baku yang digunakan, perusahaan dapat menghitung biaya produksi yang tepat.

1 Kg Berapa Gram ? 

1 Kg sama dengan 1000 gram.

Rumus Hitung Kg ke Gram

Untuk menghitung kilogram ke gram, caranya adalah dengan mengalikan jumlah kilogram dengan 1000.

 Contoh:

Jika ingin menghitung 3 kilogram ke gram, maka 3 x 1000 = 3000 gram.

Jadi, 3 kilogram sama dengan 3000 gram.

Contoh Soal beserta Pembahasan

1. Berapakah massa sebuah benda jika diketahui volume benda tersebut adalah 100 cm3 dan massa jenis benda tersebut adalah 2 g/cm3?

Jawab: Massa benda tersebut adalah 200 gram.

Pembahasan: Massa jenis benda tersebut dapat diketahui dengan mengalikan volume benda tersebut dengan massa jenis benda tersebut, yaitu 100 cm3 x 2 g/cm3 = 200 gram.

 

2. Sebuah benda memiliki massa 40 kg dan volume 1 m3. Berapakah massa jenis benda tersebut?


Jawab: Massa jenis benda tersebut adalah 40 kg/m3.

Pembahasan: Massa jenis benda tersebut dapat diketahui dengan membagi massa benda tersebut dengan volume benda tersebut, yaitu 40 kg/1 m3 = 40 kg/m3.

 Demikian pembahasan mengenai 1 Kg Berapa Gram ? Rumus Kg ke Gram, semoga dapat bermanfaat. 


×
Berita Terbaru Update