Notification

×

Kategori Berita

Cari Artikel

Iklan

Iklan

Pengertian Pengolahan Data, Definisi, Jenis-Jenis, beserta Contohnya

15 Des 2022 | Desember 15, 2022 WIB Last Updated 2022-12-16T00:00:00Z

Pengolahan Data – Data adalah dapat diartikan sebagai proses mengartikan data-data sesuai dengan rancangan, tujuan dan sebagainya. selanjutnya akan dibahas secara ringkas yaitu mengenai pengertian pengolaan data.

Yuukkk… Ikutilah penjelasan sebagai berikut.


Definisi Data

Data merupakan kumpulan sebuah informasi atau fakta mentah dalam bentuk angka, simbol, kata atau gambar yang diperoleh dengan mengamati atau mencari sumber tertentu.

Pendapat lain bahwa definisi data ialah kumpulan sebuah informasi atau deskripsi dasar dari suatu hal (objek atau peristiwa) yang berasal dari pengamatan yang dapat diproses menjadi bentuk yang lebih kompleks seperti database, informasi, atau solusi sebagai masalah tertentu.

Secara etomologis, istilah dalam “data” berasal dari bahasa Latin, yang artinya “Datum” yang berarti sesuatu yang diberikan. Atau data adalah hasil pengamatan atau pengukuran variabel yang bentuknya mungkin dalam bentuk warna, simbol, angka, kata, atau gambar.

Pengertian Pengolahan Data
Pengertian Pengolahan Data


Pengertian Pengolaan Data

Pengolaan Data adalah manipulasi data menjadi bentuk sebuah informatif. Informasi adalah hasil dari pemrosesan data dalam bentuk tertentu yang lebih bermakna daripada suatu kegiatan atau peristiwa.

Ada empat klasifikasi alat pemrosesan data yang harus diketahui, termasuk peralatan manual atau alat pemrosesan data sederhana, dengan faktor terpenting ialah penggunaan alat bantu manusia. Berikutnya datang perangkat mekanis, yaitu perangkat yang lebih modern dan dalam bentuk mekanis dan digerakkan oleh tangan.

Ada beberapa fungsi dasar pemrosesan data, yakni:

  • Mengolah data sebagai melakukan proses aritmatika dan logis untuk data yang dapat disimpan.
  • Memproses data sebagai menyimpan hasil hingga hasil akhir dari pemrosesan.
  • Pemrosesan data sebagai mengambil program dan data dalam input data atau bentuk input.
  • Pemrosesan data sebagai menyediakan pemrosesan dan menyimpan program data.
  • Selama pemrosesan data, data yang disimpan juga dapat ditampilkan dan dicetak.

Jenis – Jenis Data

Jenis data dapat dikelompokkan berdasarkan jenis pengambilannya, waktu pengambilannya, sumbernya, dan jenisnya.

Berikut ini adalah penjelasan lengkapnya:

  • Data Berdasarkan Cara Memperolehnya

Data primer, ialah data baru atau data asli yang dapat dikumpulkan langsung dengan orang yang telah melakukan sebuah penelitian.

  • Jenis Data Berdasarkan Sifatnya

Data kualitatif, ialah data yang diekspresikan dalam bentuk kata, simbol atau gambar. Contohnya kuisioner kepuasan pelanggan dengan layanan perusahaan.

  • Data Berdasarkan Waktu Pengumpulannya

Data cross-sectional, ialah data yang dapat dikumpulkan hanya pada waktu-waktu tertentu sebagai mengetahui situasi pada saat itu. Contohnya pada sebuah data penelitian dengan kuesioner.

  • Jenis Data Berdasarkan Sumbernya

Data internal, ialah data diambil dari internal organisasi dan menggambarkan status organisasi. Contohnya adalah sebuah informasi tentang jumlah modal, jumlah karyawan, jumlah produksi dan sebagainya.

Baca juga : Pengertian Potensi Diri

Fungsi Data Secara Umum

Pada dasarnya, data mengacu pada berbagai aspek sebuah kehidupan terhadap manusia. Tetapi, penggunaan istilah data tersebar luas di bidang teknologi komputer dan berbagai penelitian. 

Fungsi data ialah diantaranya:

  • Data dapat digunakan untuk panduan atau dasar untuk studi atau perencanaan.
  • Data dapat berfungsi untuk referensi saat melakukan suatu kegiatan.
  • Data dapat berfungsi untuk referensi dalam pengambilan keputusan saat memecahkan masalah.
  • Data berfungsi untuk dapat mengevaluasi suatu kegiatan.

Contoh Pengolahan Data

Metode pemrosesan data terdiri dari serangkaian operasi pemrosesan dasar dalam urutan berikut. Yang pertama adalah merekam, yaitu memindahkan data melintasi berbagai bentuk atau dokumen. Ini diperlukan tidak hanya di fase organisasi, tetapi juga di semua fase pemrosesan.

Contoh dari proses pengolahan data contohnya seorang guru yang menulis catatan siswa di buku catatannya. Pada akhir semester, nilai-nilai itu dikumpulkan dan ditambahkan bersama. Selain itu, nilai dimasukkan dalam bentuk BAAK untuk mencatat hasil akhir nanti di masing-masing file root siswa. Dan hasil akhir dikirim ke siswa dalam bentuk protokol.

Baca juga : Pengertian Power Suplay

Urutan dalam prosedur pemrosesan data selanjutnya ialah menduplikasi sebuah operasi untuk menduplikasi dokumen atau formulir data. Duplikasi dilakukan atau dapat dilakukan ketika data direkam secara manual, atau selanjutnya dapat dilakukan oleh mesin.

Urutan berikutnya dalam proses pemrosesan data ialah memeriksa untuk menghindari kesalahan. Klasifikasi berdasarkan pembagian ke dalam kategori-kategori. Sortir sebagai mengurutkan data berdasarkan abjad, nama, dan sebagainya. Urutan berikutnya terdiri dari menggabungkan, memvalidasi spreadsheet, dan menghitung, serta menemukan dan mengambil data.

Demikian artikel yang dapat kami ringkas yaitu mengenai Pengertian Pengolahan Data. Semoga dapat bermanfaat dan dapat membantgu Anda.


×
Berita Terbaru Update