Notification

×

Kategori Berita

Cari Artikel

Iklan

Iklan

Pengertian VGA Card, Fungsi VGA Card dan Jenisnya

6 Des 2022 | Desember 06, 2022 WIB Last Updated 2022-12-12T16:34:27Z
Pengertian VGA Card, Fungsi VGA Card dan Jenisnya – Sebuah perangkat penting pada komputer untuk kualitas grafis yang baik. Ini sangat penting, terutama bagi yang menyukai game atau dapat disebut sebagai gamer.

Pengertian VGA Card


Pengertian VGA Card

VGA Card Komputer adalah sebuah perangkat keras komputer yang akan berperan sebagai memproses sebuah informasi grafik pada komputer, hingga dapat dihasilkan pada layar TV, komputer, atau proyektor.

Biasanya, pada komputer mempunyai VGA card yang terintegrasi atau tertanam pada CPU atau motherboard. VGA Card Komputer yang dapat tertanam oleh sebuah perangkat motherboard, atau disebut sebagai “video on-board,” sementara CPU yang tertanam dalam VGA Card Komputer disebut sebagai “unit pemrosesan yang dipercepat (APU).”

VGA Card berfungsi untuk ?

Menggunakan kartu VGA yang disematkan memiliki keuntungan mengurangi biaya (karena tidak ada kartu VGA tambahan yang perlu dibeli). Itu lebih sederhana dan membutuhkan daya lebih sedikit. Jenis kartu VGA ini cocok bagi yang tidak membutuhkan grafis yang berkualitas tinggi.

Tetapi tidak mengecualikan opsi bagi yang ingin menambahkan VGA Card berkinerja tinggi dari pada VGA card yang tertanam di komputer. Secara umum, setiap komputer memiliki slot ekspansi tehadap motherboard jika ingin menambahkan VGA card.

Jenis – Jenis VGA Card

Ada beberapa jenis VGA Card Komputer , di antaranya adalah:

1. VGA EISA
VGA EISA adalah sebuah jenis kartu grafis yang dapat dipasang dari slot ekspansi bus EISA (Estended Industry Standard Architecture) dengan sistem I atau O 32-bit. Seperti terdapat di VGA ISA pada generasi sebelumnya, kartu VGA EISA tidak lagi digunakan pada saat ini karena kecepatan, kehalusan gambar, dan kombinasi warna yang dapat dihasilkan sangat terbatas.

Teknologi slot ekspansi bus EISA dengan sistem I atau O 32-bit pertama kali akan dirilis tahun 1988 oleh “Gangs of Nine” (penyedia PC IBM yang kompatibel dengan konsorsium) dengan tegangan 5 volt dan 12 volt dan kecepatan 8 jam 33 MHz pada satu kecepatan transmisi 32 MB/s.

2. VGA PCI
VGA PCI ialah sebuah jenis kartu VGA yang dapat dipasang pada slot bus PCI (Peripheral Component Interconnect) yang sistem I atau O ialah sistem 64-bit atau 32-bit.

Karena fungsi yang terbatas, jenis kartu VGA ini saat ini jarang digunakan. Pada tahun 1993, teknologi slot ekspansi PCI pertama kali digunakan dengan sistem I atau O 32-bit atau 63-bit.

3. VGA ISA
VGA ISA ialah jenis kartu VGA yang dapat dipasang oleh slot ekspansi ISA (Industry Standart Architecture) dengan sistem I atau O 16-bit atau 8-bit. Tetapi, kartu tersebut tidak lagi digunakan karena kecepatan transfer data lambat, tampilan gambar halus dan kombinasi warna yang dapat ditampilkan sangat terbatas.

Teknologi slot ekspansi sistem I atau O bus 8-bit ISA pertama kali akan diperkenalkan pada 1981, sedangkan sistem I atau O 16-bit akan diperkenalkan pada 1984.

4. VGA PCIe
VGA PCIe ialah sebuah jenis kartu VGA yang dapat dipasang pada slot PCIe (Peripheral Component Interconnect Express) bus dengan sebuah sistem I atau O secara seri. Dengan kecepatan hingga 32 GB/s. Slot PCIe ialah evolusi berikutnya dalam generasi berikutnya slot ekspansi PCI.

Dengan kinerjanya yang luar biasa, nama PCI Express dimaksudkan untuk menginstal perangkat antarmuka canggih yang membutuhkan kecepatan transmisi sangat tinggi.

5. VGA AGP
VGA AGP ialah jenis kartu VGA yang dipasang pada slot ekspansi bus port dipercepat (AGP) yang sistem I atau O terdapat 128-bit atau 256-bit. Awalnya, kartu VGA ini dirancang untuk secara signifikan meningkatkan transfer data dari CPU ke “perangkat tampilan atau layar” dalam memori.

Kartu ini merupakan output berdasarkan nilai pada sebuah tegangan yang dapat digunakan, untuk AGP 1x dan AGP 2x dapat menilai dengan sebuah tegangan 3,3 volt, AGP 4x dan AGP 8x dengan sebuah tegangan 1,5 volt dan Universal AGP. Tipe dari AGP VGA terakhir ialah AGP Pro.

Demikian artikel yang dapat kami sampaikan untuk Anda, mengenai Pengertian VGA Card. Semoga bermanfaat
×
Berita Terbaru Update